Waktu adalah uang. Siapa yang tidak mampu
memanagenya, ia akan mengalami banyak kerugian. Apalagi sebagai seorang
pengusaha atau pebisnis, mempelajari manajemen waktu menjadi sebuah keharusan.
Dengan menjalankan manajemen waktu dengan baik maka seseorang akan menjadi
seorang pengusaha yang profesional seiring dengan berjalannya waktu.
Tidak hanya itu saja, para pebisnis yang berhasil menggunakan waktunya dengan tepat maka mereka tidak akan menemui kesulitan ketika menjalankan bisnis. Pasalnya, menerapkan manajemen waktu dengan baik akan membuat pebisnis semakin mudah dalam meraih kesuksesan. Lalu, apa saja tipsnya agar seorang pebisnis mampu mamanajemen waktunya? Berikut tips manajemen waktu bagi pebisnis.
1. Membuat to do list
Jika Anda termasuk dalam orang-orang yang sulit untuk mengatur waktu, menuliskan sebuah jadwal merupakan salah satu cara paling tepat yang dapat membantu Anda. Anda dapat menuliskan sebuah rentetan pekerjaan atau tanggungan apa saja yang harus Anda selesaikan saat itu juga. Hal ini akan membuat Anda menjadi disiplin dalam mengatur waktu ketika tahu bahwa Anda harus tetap bekerja dan menyelesaikan tugas tersebut.
Tidak hanya itu saja, para pebisnis yang berhasil menggunakan waktunya dengan tepat maka mereka tidak akan menemui kesulitan ketika menjalankan bisnis. Pasalnya, menerapkan manajemen waktu dengan baik akan membuat pebisnis semakin mudah dalam meraih kesuksesan. Lalu, apa saja tipsnya agar seorang pebisnis mampu mamanajemen waktunya? Berikut tips manajemen waktu bagi pebisnis.
1. Membuat to do list
Jika Anda termasuk dalam orang-orang yang sulit untuk mengatur waktu, menuliskan sebuah jadwal merupakan salah satu cara paling tepat yang dapat membantu Anda. Anda dapat menuliskan sebuah rentetan pekerjaan atau tanggungan apa saja yang harus Anda selesaikan saat itu juga. Hal ini akan membuat Anda menjadi disiplin dalam mengatur waktu ketika tahu bahwa Anda harus tetap bekerja dan menyelesaikan tugas tersebut.
2.
Memantapkan passion
Ada kalanya Anda hanya mengerjakan sesuatu hal tanpa mengetahui tujuan maupun manfaatnya. Salah satu alasannya mungkin karena itu bukan passion Anda sehingga Anda tidak mengerjakannya dengan sepenuh hati. Kini saatnya Anda mengubah semuanya, cobalah untuk mengetahui passion Anda sebelum memulai pekerjaan. Hal ini tentu saja akan membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari saat bekerja.
3. Membuat skala prioritas
Setiap pekerjaan yang dirasa sulit dikerjakan dan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya dapat Anda cari cara alternatifnya. Penting bagi Anda untuk mengetahui mana yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu dengan membuat skala prioritas. Pada saat Anda mengalami kesulitan, Anda tidak boleh hanya diam. Namun, Anda harus mencari jalan keluar lainnya sehingga pekerjaan dapat terselesaikan tanpa mengganggu pekerjaan lainnya.
4. Menjalani kegiatan sesuai aturan
Jika Anda ingin menjadi pengusaha yang mempunyai hidup lebih teratur, mempunyai banyak waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas, berarti Anda harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Misalnya saja ada saat menghadiri meeting. Ikutilah aturan apa yang telah dibuat, seperti tidak datang terlambat dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih disiplin dan tidak kehilangan banyak waktu untuk kegiatan yang lainnya.
Sebuah bisnis yang mempunyai jadwal yang baik akan dapat dengan mudah mencapai target sesuai dengan yang ditetapkan. Oleh sebab itu, jangan sampai waktu Anda dalam 24 jam terbuang sia-sia tanpa memperoleh hasil apapun.
Ada kalanya Anda hanya mengerjakan sesuatu hal tanpa mengetahui tujuan maupun manfaatnya. Salah satu alasannya mungkin karena itu bukan passion Anda sehingga Anda tidak mengerjakannya dengan sepenuh hati. Kini saatnya Anda mengubah semuanya, cobalah untuk mengetahui passion Anda sebelum memulai pekerjaan. Hal ini tentu saja akan membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari saat bekerja.
3. Membuat skala prioritas
Setiap pekerjaan yang dirasa sulit dikerjakan dan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya dapat Anda cari cara alternatifnya. Penting bagi Anda untuk mengetahui mana yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu dengan membuat skala prioritas. Pada saat Anda mengalami kesulitan, Anda tidak boleh hanya diam. Namun, Anda harus mencari jalan keluar lainnya sehingga pekerjaan dapat terselesaikan tanpa mengganggu pekerjaan lainnya.
4. Menjalani kegiatan sesuai aturan
Jika Anda ingin menjadi pengusaha yang mempunyai hidup lebih teratur, mempunyai banyak waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas, berarti Anda harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Misalnya saja ada saat menghadiri meeting. Ikutilah aturan apa yang telah dibuat, seperti tidak datang terlambat dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih disiplin dan tidak kehilangan banyak waktu untuk kegiatan yang lainnya.
Sebuah bisnis yang mempunyai jadwal yang baik akan dapat dengan mudah mencapai target sesuai dengan yang ditetapkan. Oleh sebab itu, jangan sampai waktu Anda dalam 24 jam terbuang sia-sia tanpa memperoleh hasil apapun.
Demikian tips
manajemen waktu bagi pebisnis. Semoga artikel tips manajemen waktu bagi pebisnis ini bermanfaat bagi Anda dan Anda semakin mampu memanage waktu dalam menjalani bisnis.
Sumber: bisnisukm.com
0 Response to "Tips Manajemen Waktu Bagi Pebisnis"
Posting Komentar