Kiat Menjalani Usaha Laundry

Menjalani Usaha Laundry


Seseorang yang hidup di perantauan sering kewalahan dalam mempersiapkan kebutuhan sehari-harinya.  Apalagi bagi yang masih hidup seorang diri, seringkali ia membutuhkan jasa dan bantuan orang lain. Mulai dari makan, ia tidak mampu memasaknya sendiri sehingga harus membelinya di warung.
Juga dalam urusan cuci mencuci pakaiannya, ia membutuhkan jasa orang lain karena terlalu padatnya aktivitas sejak pagi hingga sore bahkan malam hari. Nah, Apakah Anda ingin mengambil peluang ini dalam menjalani usaha laundry? Ada beberapa tips agar Anda tepat dalam menjalaninya. Simak kiat menjalani usaha laundry berikut ini.

Lokasi 
Dalam bisnis offline, lokasi menjadi faktor penentu sebuah bisnis dapat berjalan atau tidak. Demikian pula dengan bisnis laundry, pilihlah tempat yang lokasinya cukup dekat dengan kantor, kampus, atau kontrakan. Biasanya orang yang tinggal di lokasi tersebut tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan aktivitas mencuci, sehingga mereka lebih memilih menggunakan jasa laundry.

Utamakan Kualitas
Anda harus mempelajari teknik-teknik mencuci agar pakaian tidak kusam dan luntur. Hal ini amat penting. Bila hasil cucian baik, bersih, dan wangi maka costumer akan kembali lagi ke tempat Anda. Sepenuhnya Anda harus mengutamakan pelayanan karena bisnis yang Anda jalani adalah usaha jasa.
Menetapkan Harga yang Sesuai
Buatlah riset sederhana untuk mengetahui harga pasaran sebelum Anda memulai usaha. Lihatlah harga yang ditawarkan oleh kompetitor bisnis Anda. Sesuaikan harga dengan service yang Anda berikan terhadap pelanggan. Asal mereka puas dengan pelayanan Anda, pelanggan tidak akan keberatan bila harus membayar sedikit lebih mahal.

Berikan Pelayanan Ekstra
Buatlah keunikan yang membedakan Anda dengan pebisnis lainnya, karena sudah cukup banyak pelaku bisnis yang menjalani bisnis serupa. Anda dapat memberikan pelayanan ekstra seperti memberikan pilihan minyak wangi, anti kusut, pelayanan antar jemput, atau bonus 1 kali cuci bila konsumen sudah 10 kali cuci. Bila Anda yang menggunakan sistem timbang, Anda bisa memberi bonus 1 kg setelah mencuci 10 kg. Lalu dalam usaha jasa laundry ketepatan waktu adalah hal yang mutlak Anda jaga. Buat mereka terkesan dengan pengerjaan yang selesai tepat waktu.
Antisipasi Complain
Antisipasi segala bentuk complain dari customer dengan kebijakan yang Anda buat. Complain dari customer biasanya pada kasus pakaian luntur atau hilang. Anda harus menegaskan kewajiban ini di awal biar semuanya tidak ada yang dirugikan. Bila luntur karena kesalahan customer yang tidak memisahkan pakaian mudah luntur, maka itu menjadi tanggung jawab customer. Atau bila hilang karena kesalahan Anda yang salah memasukkan pakaian ke customer lain, maka Anda harus bertanggung jawab dengan menggantinya. Kebanyakan jasa laundry tidak mau ambil pusing menangani masalah ini, padahal dengan mempertanggung-jawabkan kesalahan dapat selalu menjaga nama baik jasa laundry tersebut.

Itulah kiat menjalani usaha laundry. Diperlukan tempat, strategi, dan pelayanan yang tepat untuk memulai dan menjalaninya.

Sumber: sarungpreneur.com


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Kiat Menjalani Usaha Laundry"

Posting Komentar