Bagaimana Menentukan Produk untuk Memulai Sebuah Bisnis?

Menentukan Produk untuk Memulai Bisnis

Banyak orang kebingungan ketika hendak memulai bisnis. itu bisa terjadi jika keinginannya untuk berbisnis cukup besar, namun tidak tahu produk apa yang hendak dijual.
Padahal produk merupakan sesuatu yang bisa dihasilkan atau dimiliki yang kemudian dapat dijual dan dipasarkan. Produk yang unik tentu saja akan mendapatkan kemungkinan untuk dapat laku lebih banyak di pasaran daripada produk yang biasa-biasa saja.
Inilah 5 tips menentukan produk untuk memulai bisnis Anda:

1. Mengikuti Hobi atau Passion
Berbisnis adalah hobi yang dibayar. Bila Anda menjalani prinsip ini, Anda akan merasa senang dalam menjalankan bisnis tersebut, karena dijalani sesuai passion yang Anda miliki. Sehingga Anda akan sangat memahami setiap ilmu dan seluk-beluk dari produk yang Anda jual. Ini akan mempermudah Anda untuk menjual ke pasar karena anda bisa menunjukkan kepada konsumen bagaimana senangnya dan ahlinya anda dalam mengetahui produk anda sendiri.
Saat bisnis sedang mengalami penurunan, penurunan semangat untuk berbisnis pun biasanya terjadi. Namun biasanya penurunan semangat ini tidak akan terlalu terasa apabila Anda menyenangi produk Anda sendiri. Anda akan tetap menjalankannya dengan semangat karena anda suka.

2. Mengikuti Kebutuhan Pasar
Bisnis yang sukses kebanyakan bisnis yang dapat menjawab kebutuhan pasar. Anda bisa mempelajari apa yang pasar butuhkan, lalu anda buatkan produk/layanan yang dapat menjawab kebutuhan itu. Contoh yang paling mudah adalah makanan, setiap orang butuh makan oleh karena itu biasanya menjual poduk makanan cukup mudah. Tentu Anda harus memiliki cirri khas sendiri yang terlihat unik agar tidak tenggelam oleh kompetitor.

3. Mempelajari Ketersediaan Produk
Produk/layanan yang dijual haruslah tersedia. Bila Anda menjual produk/layanan yang tidak bisa dibeli oleh konsumen, konsumen tentu tidak akan membeli ke tempat Anda. Pelajari kemungkinan ketersediaan produk, bahan baku, atau sumber daya bisnis Anda. Anda harus memastikan konsistensi ketersediannya sehingga Anda bisa terus berjualan dengan baik hingga jangka panjang. Untuk itu, Anda harus mencari supplier yang handal dan telah terbukti mampu memasok kebutuhan jualan Anda secara berkesinambungan.

4. Mempelajari Berbagai Bisnis dan Masing-masing Modelnya
Sebagai pebisnis, Anda pasti sering berpikir bagaimana sebuah bisnis bisa mendapatkan keuntungan? bagaimana mendapat supply produk yang teratur? apa nilai tambah yang ia berikan? Apabila Anda sudah berfikir ke arah sana, berarti Anda telah memikirkan sebuah model bisnis suatu perusahaan.
Dengan mempelajari model bisnis sebuah perusahaan Anda akan semakin paham bagaimana sebuah produk dapat menjadi motor sebuah bisnis. Mungkin Anda ingin mempelajari model bisnis berbagai perusahaan untuk mendapatkan inspirasi tentang produk/layanan yang bisa Anda tawarkan ke pasar.

5. Ukur Minat Pasar dengan Membuat Contoh Produk
Dengan membuat contoh produk Anda bisa melakukan testing pasar dalam skala yang minimal. Apabila produk Anda diminati dan order dari konsumen terus bertambah, berarti produk Anda bisa dikatakan berhasil dan Anda bisa saja siap untuk melangkah ke tahapan bisnis berikutnya. Bila tidak, Anda harus membanting setir dengan mencari produk lain yang diminati pasar.
Pada dasarnya menentukan produk untuk bisnis adalah menentukan produk yang Anda senangi, mampu Anda pastikan ketersediaannya, dan mampu diserap oleh pasar dengan baik. Bila Anda telah menentukan produk yang akan dijual, mungkin ini saatnya anda harus mencoba mendatangkan pelanggan lebih banyak ke bisnis Anda.

Demikian artikel bagaimana menentukan produk untuk memulai bisnis. Semoga ke depannya Anda tidak lagi kebingungan dalam menentukan produk.

Sumber: www.smartbisnis.co.id

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Bagaimana Menentukan Produk untuk Memulai Sebuah Bisnis?"

Posting Komentar