Temukan Inspirasi dan Ide Kreatif Bisnis Anda di Tempat Ini


Temukan Inspirasi dan Ide Kreatif Bisnis

Tulisan-tulisan sebelumnya sudah banyak membahas tips bisnis, dari mulai manajemen waktu, tips mengelolanya, sampai kisah inspiratif dari para tokoh yang sukses menjalani bisnis. Bila belum cukup bagi Anda untuk memulai sebuah bisnis, mungkin butuh waktu dan tempat khusus agar Anda bisa merenung dan mencari inspirasi.

Cukup banyak orang-orang sukses yang karena mengunjungi suatu tempat, ia mampu bersinergi dan mendapat ide kreatif dari tempat yang dikunjunginya itu. Sebagai contoh, Walt Disney mendapatkan inspirasi membangun Disneyland yang megah dari acara tamasya keluarga, Johnny Andrean pendiri J.co, mendapatkan ide-ide kreatifnya lewat hobinya yaitu travelling. Andika Kairuliawan sukses jadi pengusaha bengkel berawal dari hobi dan mengamati hasil kerja bengkel di lingkungan sekitarnya. Lalu, di manakah tempat yang ideal untuk mendapatkan inspirasi bisnis? Dilansir dari situs www.ciputraentrepreneurship.com dan stundentpreneur.co, temukan inspirasi dan ide kreatif bisnis Anda di tempat ini:

1.      Rumah
      Sebagai tempat Anda memulai hingga menutup hari Anda dalam beraktivitas, rumah menjadi tempat pertama bagi Anda untuk bisa mendapatkan inspirasi bisnis. Anda bisa mengamati sekeliling dalam rumah dan sekitarnya, apa yang Anda rasa kurang baik, dapat menjadi lebih baik lagi atau yang sering menimbulkan masalah namun jarang dicermati. Misalnya ventilasi udara yang cepat kotor, perabot kamar mandi yang tidak tertata dan kurang enak dilihat, tata letak perabot dapur, dll. Bila anda perhatikan hal tersebut di rumah Anda, kemungkinan juga pemilik rumah yang lain juga mengalami masalah-masalah yang sama. Dari lingkungan dalam rumah saja sudah banyak hal yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat jasa perbaikan atau service. Belum lagi sekitar pekarangan, misalnya jasa menata kebun, dekorasi taman atau penyedia bibit dan bunga taman.

2.      Lingkungan tempat tinggal
      Tetangga sekitar Anda juga dapat menjadi sumber inspirasi bisnis. Sebagai orang yang tinggal dalam satu lingkungan, tentu Anda paham dengan demografi komunitas Anda. Misalnya kebanyakan tetangga Anda adalah keluarga muda yang sibuk bekerja. Anda bisa mencoba membuka jasa laundry kiloan, jasa renovasi rumah dan instalasi listrik, perbaikan alat rumah tangga dan perangkat elektronik. Atau bila punya keahlian niaga, misalnya membuka toko barang kebutuhan sehari-hari.

3.      Tempat Kerja
      Bila posisi Anda adalah karyawan pada satu perusahaan dan bermaksud mencari bisnis sampingan, anda bisa mencari inspirasi dengan mengamati apa yang rekan-rekan Anda butuhkan, dapat juga langsung bertanya kepada teman-teman kantor. Yang telah banyak dilakukan oleh pelaku side-job diantaranya; bisnis-bisnis kecil dari jual pulsa, jual makanan ringan, memiliki online shop tapi sebagian juga ditawarkan kepada rekan kantor, mengajar les anak teman kantor, servis komputer dan perangkat elektronik, hingga berkolaborasi membentuk usaha diluaran dengan modal bersama.

4.      Tempat Perbelanjaan
      Apa inspirasi yang bisa didapat dari supermarket? Bila anda pecinta kuliner atau hobi memasak, dengan melihat bahan-bahan baku yang tersaji disana anda mungkin terpikirkan untuk membuat resep atau meracik makanan yang bisa dijual. Bila memiliki minat dan menjadi pengamat dalam bidang agrobisnis, anda melihat komoditi tertentu yang belum ada di supermarket tersebut dan punya data petani yang memiliki ketersediaan komoditinya, anda mungkin terinspirasi untuk memposisikan diri menjadi penghubung dan penyalur komoditas tertentu ke supermarket tersebut.

5.      Sekolah
      Bila anda adalah orang tua yang bertugas untuk mengantar anak sekolah, inspirasi bisa muncul saat anda sedang berada di sekolah. Terutama bila anda telah mengenal baik sesama orang tua murid dan guru. Pengadaan alat tulis, kertas, mesin fotokopi, seragam olahraga, seragam guru, kantin, penawaran les privat adalah beberapa petunjuk yang dapat dikembangkan menjadi sebuah peluang.

            6.      Komunitas Bisnis
Terakhir, ada sebuah ungkapan: “Jika Anda bergaul dengan pedagang minyak wangi, maka Anda pun bisa ketularan wangi dari parfum yang dijualnya tersebut.” Demikian pula dengan berbisnis. Bila Anda aktif di suatu komunitas bisnis, Anda akan banyak mendapat sharing dari para pelaku bisnis mengenai bisnis yang sedang dijalaninya. Entah itu strateginya, cara untuk memulainya, mempertahankannnya, hingga tantangan-tantanganya. Dari situ Anda akan semakin yakin, bahwa Anda telah mendengar secara langsung dari orang yang berhasil menjalani bisnisnya. Sehingga Anda memiliki keyakinan bahwa Anda pun bisa.

Yups, itulah artikel temukan inspirasi dan ide kreatif bisnis Anda di tempat ini. Memang tidak mudah menemukan inspirasi. Tapi dari pemaparan tempat-tempat di atas, semoga Anda dapat menemukan inspirasi dan ide kreatif tersebut.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Temukan Inspirasi dan Ide Kreatif Bisnis Anda di Tempat Ini"

Posting Komentar