Ternyata Berani Saja Tidak Cukup untuk Memulai Sebuah Bisnis



Strategi Berbisnis

Tak terhitung kisah sukses seorang pebisnis yang menekuni kariernya berawal dari modal nekad. Keberanian memang sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis, terlebih jika Anda belum pernah sama sekali menekuninya. Tapi perlu Anda ketahui, ternyata berani saja tidak cukup untuk memulai sebuah bisnis.

Cukup banyak variabel pendukung yang harus dimiliki untuk dapat bertahan dan survive dalam mengelola sebuah bisnis. Tanpa faktor pendukung utama, berat rasanya Anda bisa memenangkan persaingan yang sangat ketat dalam dunia bisnis. Kesemuanya itu juga memerlukan sebuah proses tumbuh dan berkembang yang di dalamnya tentu saja akan ada banyak sekali suka duka yang mungkin akan Anda alami.
Untuk itu jika Anda benar-benar berani terjun ke dunia bisnis dan berwirausaha, jangan hanya mengandalkan keberanian saja, lengkapi modal Anda dengan beberapa faktor di bawah ini.

1. Asah kemampuan Anda dalam melihat peluang usaha
Bagaimana Anda akan terjn ke dunia bisnis tanpa Anda mampu melihat peluang bisnis yang potensial? Apa yang akan Anda kerjakan jika Anda tidak mampu dan jeli melihat peluang bisnis? Maka dari itu, di sini Anda harus berlatih terus menerus dengan mengasah kemampuan Anda dalam melihat peluang bisnis.
Bagaimana caranya? cara yang paling bagus adalah dengan langsung praktik dan mengimplementasikan setiap sesuatu yang Anda anggap sebagai peluang usaha. Ketika yang Anda lakukan tersebut buntu, maka jangan menyerah, segera berpikir dan mencari peluang yang lain. Dengan cara ini Anda akan terbiasa selalu melihat celah dan peluang yang ada dalam setiap segmen kehidupan.

2. Tingkatkan ilmu pemasaran Anda
Setelah Anda mengambil keputusan untuk terjun dalam dunia bisnis dan berwirausaha, dengan serta merta Anda harus meningkatkan kemampuan dalam pemasaran. Tanpa adanya pemasaran dan promosi yang baik, bisnis apapun tidak akan menjadi besar. Bagaimana strategi pemasaran Anda dalam menghadapi berbagai pangsa pasar tentu harus Anda perhatikan. Karena masing-masing segmen pasar tentu tidak sama.
Media yang Anda gunakan juga harus disesuaikan dengan pasar yang Anda targetkan. Misalnya target pasar Anda adalah para pengguna sosial media, maka Anda juga harus menyesuaikan strategi Anda dengan fokus pada pemasaran dengan sosial media.

3. Kembangkan networking dalam bisnis Anda
Ini sesuatu yang harus Anda lakukan, dalam berwirausaha, janganlah hanya menjadi katak dalam tempurung saja. Kembangkan jaringan Anda seluas-luasnya, ini bagus juga Anda lakukan sebelum atau sedang dalam pengembangan bisnis Anda. Dalam mengembangkan jaringan, jangan hanya berkutat dalam satu komunitas bisnis. Anda bisa masuk ke dalam berbagai komunitas bisnis untuk menambah ilmu dan pengalaman Anda.
Selain itu, memasuki beberapa komunitas juga bisa meningkatkan potensi Anda dalam menangkap peluang bisnis yang ada. Tapi perlu juga Anda ketahui ketika Anda memasuki komunitas atau orang-orang dengan bisnis yang berbeda, jangan sampai fokus Anda terpecah kemudian Anda berubah haluan. Tetap stay focus dan selalu pikirkan baik-baik setiap langkah yang akan Anda ambil.

4. Segera beraksi, jangan tunggu lebih lama
Selalu saja, tanpa adanya tindakan nyata, apapun rencana bisnis Anda, sebagus apapun strategi Anda, maka itu semua tidak berarti apa-apa. Untuk itu, Anda harus segera mengambil langkah nyata untuk mengeksekusi ide kreatif bisnis Anda. Tidak ada waktu menunggu lagi, jangan sampai ide bisnis Anda diambil orang lain karena terlalu lama Anda tidak menjalankannya.
Jika mungkin terasa berat, lakukan proses berwirausaha dengan pelan-pelan mulai dari yang kecil dulu. Lakukan apa yang bisa Anda lakukan terlebih dulu, jangan memaksakan diri. Lakukan semua itu penuh dengan perhitungan yang matang. Percayalah, bisnis kecil yang dilakukan dengan jalan yang benar, pasti akan membesar juga.
Jadi, siapkah Anda berwirausaha? Nekad oke, berani oke, namun semua itu harus didukung dengan variabel pendukung yang tidak bisa Anda tinggalkan. Jadilah orang yang cerdas dalam melangkah, jangan asal berani saja dalam berbisnis.

 Sekian artikel ternyata berani saja tidak cukup untuk memulai sebuah bisnis. Semoga dari artikel ternyata berani saja tidak cukup untuk memulai sebuah bisnis dapat memberi wawasan baru bagi Anda untuk memulai bisnis.

sumber: maxmonroe.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Ternyata Berani Saja Tidak Cukup untuk Memulai Sebuah Bisnis"