Apa itu Link Building dan kenapa itu penting?


Link Building


Apa sebenarnya Link Building itu ? mungkin itu pertanyaan sebagian orang pada tahap awal belajar SEO, link building merupakan faktor yang sama kuatnya dengan on page SEO,  dan link building merupakan salah satu hal yang di perlukan untuk mengoptimisasi website.



Definisi Link Building

Definisi link building bisa Anda dapatkan di berbagai situs yang membahas SEO, namun secara garis besar link building merupakan penanaman link di berbagai situs lain yang mengarahkan url tersebut ke URL Anda dengan berbagai keyword . Ilustrasi sederhananya seperti ini; website youtube.com memberi link ke facebook.com, maka facebook.com mendapatkan suatu backlink dari youtube.com.

SUMBER Link Building

Lalu darimanakah kita mendapatkan sumber link building ? ada beberapa sumber link building yang dapat Anda manfaatkan untuk mengoptimisasi website Anda, yaitu:

- Blog Commenting. Meletakkan link website kita saat berkomentar di website lain pada kolom komentar atau kolom website pada isian nama dan website saat mengisi komentar.

- Forum Activity. Meletakkan link saat membuat thread, menjawab thread, atau berupa link didalam signatured.

- Social Bookmark. Melakukan aktivitas berbagi link pada social bookmark.

- Guest Blogging. Mengirimkan artikel yang didalamnya terdapat link ke website kita untuk dipublish di website orang lain.

- Directory Submit. Melakukan listing website kita pada directory online.

Sebenarnya masih banyak jenis sumber link building lain yang bisa digunakan, baik yang lebih mudah dan yang lebih rumit. Tapi pada umumnya, untuk para pelaku SEO pemula, 5 sumber link diatas bisa dianggap cukup untuk mulai mempelajari basic link building. Setelah basic link building tersebut anda pahami, maka kedepannya anda akan mengetahui sendiri bagaimana strategi terbaik untuk mendapatkan link dari website lain. (Baca Juga : Apa Saja Ramuan Penting agar Sukses Berjualan di Website?)


Dan yang perlu diperhatikan, saat meletakkan link pada sumber link building diatas, lakukan secara natural. Menggunakan bantuan software atau berperilaku seperti software saat link building jelas akan mengundang kecurigaan Google.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Apa itu Link Building dan kenapa itu penting?"